Friday, 18 September 2009

INDONESIA NEGARAKU


Akhirnya pemerintah sadar juga kalau selama ini cuek dengan kebudayaannya sendiri, akhirnya pemerintah tahu diri juga melihat banyak kebudayaan Indonesia yang dicaplok negara lain, bahkan pulaupun sudah diperdagangkan seperti kasus jual beli pulau di internet beberapa waktu lalu. Dan kesadaran itu akhirnya diwujudkan dari peresmian tahun 2008 sebagai tahun pariwisata Indonesia.terbukti hanya Sumatera Selatan saja satu satunya provinsi yang ikut meramaikan ajang ini, dapat dilihat dari program pariwisata mereka. Padahal Indonesia dari Sabang sampai Merauke adalah negara yang paling kaya sekali dengan kebudayaan dan pariwisata. Apakah pemerintah daerah juga masih moh (ga mau) atau acuh tak acuh pada kebudayaan daerahnya sendiri? Atau hanya pusing memikirkan Politik dan birokrasi pemerintahan. Seberapa sibuknya kah sampai kebanggaan daerahnya sendiri saja lupa.

Rini Hasan – psikolog ternama yang menjadi narasumber saat itu – mengatakan bahwa hanya dua jenis industri yang masih akan terus booming di masa yang akan datang, yaitu Telekomunikasi dan Pariwisata. Ketika dunia semakin global dan ujung bumi yang satu dengan ujung bumi yang lain hanya dianggap sebagai small village dimana masyarakat akan terus berpergian dan membutuhkan komunikasi tanpa batas, maka pantaslah kedua industri ini akan terus menjadi primadona.

Indonesia sangat kaya pesona alam dan pariwisata, apabila diukur dari melimpahnya potensi sumber daya alam dan budaya yang ada, Indonesia dengan core product wisata yang beragam mulai dari seni budaya yang melimpah, beratus-ratus ribu keanekaragaman hayati dari laut hingga eksotisme daratan yang spektakuler tersebar merata di pulau-pulau Indonesia, serta adanya produk mix seperti world heritage site, culture based tourism, tropical beaches and spa, museum and galleries, adventure style holiday,special interest seperti ecotourism dan menjamurnya shopping mall terbaik se Asia di Jakarta. Maka layaklah Indonesia menyandang posisi sebagai negara terkaya dan terindah diseluruh dunia.

0 komentar:

Post a Comment