Latest Updates

Tetrasiklin VS Aspirin


Fungsi Tetrasiklin 
Tetrasiklin merupakan antibiotik spektrum luas yang kegunaannya sudah menurun karena meningkatnya resistensi bakteri. Namun obat ini tetap merupakan pilihan untuk infeksi yang disebabkan oleh klamidia (trakoma, psitakosis, salpingitis, uretritis dan limfogranuloma venereum), riketsia (termasuk Q-fever), brusela (doksisiklin dengan streptomisin atau rifampisin) dan spiroketa, Borellia burgdorferi (Lyme disease). Tetrasiklin juga digunakan pada infeksi saluran pernafasan dan mikoplasma genital, akne, destructive (refractory) periodontal disease, eksaserbasi bronkitis kronis (karena aktivitasnya terhadap Hemophilus influenzae), dan untuk leptospirosis pada pasien yang hipersensitif terhadap penisilin (sebagai alternatif dari eritromisin). 

Secara mikrobiologis, hanya sedikit jenis organisme yang dapat diatasi dengan menggunakan golongan tetrasiklin, kecuali minosiklin yang memiliki spektrum luas. Minosiklin sudah jarang digunakan karena efek samping seperti vertigo dan pusing. Infeksi pada rongga mulut. Pada dewasa dan anak di atas 12 tahun, tetrasiklin efektif terhadap kuman anaerob oral namun sudah jarang digunakan karena resistensi. Obat ini masih mempunyai peranan dalam terapi destructive (refractory) forms of periodontal disease. 

Doksisiklin mempunyai lama kerja yang lebih panjang daripada tetrasiklin, klortetrasiklin atau oksitetrasiklin dan hanya perlu diberikan satu kali sehari; juga dilaporkan lebih aktif terhadap anaerob dibandingkan tetrasiklin lainnya. Doksisiklin digunakan dalam terapi recurrent aphthous ulceration, herpes oral atau sebagai terapi tambahan pada gingival scaling dan root planing untuk periodontitis. Dampak penggunaan tetrasiklin 

Perusakan warna pada gigi 
Tetrasiklin mengandung gugus-gugus hidroksil, dimana gugus tersebut akan membentuk ikatan bila dikombinasikan dengan Ca++ sebagai unsur-unsur pembentuk gigi. Tetrasiklin dapat mengikat kalsium secara irreversible, kemudian berikatan dengan kristal hidroksiapatit baik di dentin maupun enamel. Juga, mempunyai kemampuan membentuk kompleks atau ikatan dengan kristal hidroksiapatit dalam gigi sehingga mengakibatkan terbentuknya senyawa orthocalcium phosphat complex yang tertimbun pada gigi dan menyebabkan perubahan warna pada gigi. Dentin ditunjukkan sebagai jaringan yang paling sulit untuk berubah warna daripada enamel jika melalui plasenta. 
 Ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya perubahan warna pada gigi. Faktor-faktor tersebut antara lain struktur kimia dari senyawa tetrasiklin, dosis yang digunakan, lamanya pemakaian dan masa pembentukan gigi. 
Faktor utama penyebab dari perubahan warna pada gigi anak akibat tetrasiklin adalah pemberian obat dalam masa pembentukan gigi, baik gigi sulung maupun gigi permanen. Pada masa pembentukan gigi, struktur gigi yang sedang mengalami kalsifikasi seperti kalsium akan diikat oleh tetrasiklin secara irreversible. Kemudian ikatan tersebut mengikat hidroksi apatit dalam struktur gigi yang sedang erupsi. Ikatan ini nantinya akan menetap pada dentin dan enamel sehingga mengakibatkan perubahan warna pada gigi. 
• Tetrasiklin terhadap gigi 
Secara umum pemberian tetrasiklin dapat menimbulkan efek samping, seperti mual, muntah, diare, sakit kepala ringan, glositis, alergi, kadang-kadang juga dapat memberi dampak yang lebih parah, seperti eritema dan edema. Selama tetrasiklin digunakan untuk penyembuhan, ditakutkan terjadi superinfeksi seperti kandidiasis, ini dikarenakan oleh sifat tetrasiklin sebagai antibiotik spektrum luas yang tidak hanya bakteri patogen saja, tetapi juga membunuh flora normal pada gastrointestinal sehingga menimbulkan iritasi. 
Pada rongga mulut, selain kandidiasis, efek samping yang paling sering adalah perubahan warna pada gigi anak-anak terutama jika diberikan dalam jangka waktu yang panjang sehingga warna gigi menjadi coklat kehitam-hitaman. Penggunaan antibiotik sebagai spektrum luas dapat membunuh segala jenis bakteri dalam rongga mulut. Ini memberikan kesempatan bagi kandida atau jamur untuk berkembangbiak, karena banyaknya substrat yang dapat mempercepat proses pertumbuhannya sehingga mengakibatkan terjadinya kandidiasis oral. 
Resiko yang paling tinggi terjadi jika tetrasiklin diberikan pada usia pembentukan gigi sulung dan gigi anterior permanen. Jika diberikan usia 2 bulan-5 tahun, maka seluruh gigi sulung dan kemungkinan gigi anterior permanen akan mengalami perubahan warna yang akan menimbulkan permasalahan estetis di kemudian hari. Perubahan warna gigi pada usia dini umumnya bersifat permanen karena tetrasiklin masuk dan berikatan dengan unsur-unsur gigi pada saat terjadinya pembentukan dentin. 
Pengobatan ibu hamil dengan tetrasiklin juga menyebabkan perubahan warna gigi sulung pada bayi yang dilahirkan. Ini dikarenakan tetrasiklin dapat menembus plasenta sehingga si bayi yang berada dalam kandungan dapat terpapar tetrasiklin. Bahaya perubahan warna gigi terjadi akibak pemakaian tetrasiklin pada kehamilan trimester kedua hingga trimester ketiga 
Merapuhkan gigi dan melubangi gigi 
Pemakaian tetrasiklin yang terus-menerus menyebabkan email gigi tidak terbentuk sempurna, dan permukaan gigi tidaklah halus dan rata. Gigi menjadi sulit dibersihkan, dan plak menempel dengan kuat sehingga gigi mudah berlubang. 
Gangguan pencernaan 
Gangguan saluran pencernaan merupakan yang sering terjadi. Diantaranya seperti mual, muntah, diare, nyeri menelan , iritasi kerongkongan. Efek samping yang jarang terjadi termasuk : kerusakan hati, pankreatitis, gangguan darah, fotosensitif, reaksi hipersensitif (ruam, dermatitis eksfoliatif, sindrom steven-johnson, urtikaria, angioedema, anafilaksis, carditis). Sakit kepala dan gangguan penglihatan dapat terjadi dan dapat menjadi penanda peningkatan tekanan dalam kepala dan segera hentikan pengobatan bila ini terjadi.

Fungsi Aspirin 
Aspirin termasuk dalam golongan anti-inflamasi non-steroid yang memiliki fungsi penurun panas, anti-nyeri, dan anti-radang. Komponen yang terdapat dalam aspirin adalah asam salisilat yang pada awalnya hanya dipakai sebagai obat luar. Obat ini diindikasikan untuk mengurangi nyeri kepala, nyeri gigi, migraine, nyeri menelan, dan dismenorrhea (nyeri berlebihan saat menstruasi). Selain itu, aspirin juga dapat digunakan untuk mengurangi gejala pada influenza, demam, nyeri reumatik, dan nyeri – nyeri otot. 
Fungsi lain yang kerap kali berguna adalah efek anti-trombotik (menghambat aktivasi trombosit) yang merupakan efek yang sangat berguna sebagai pencegah serangan berulang pada pasien dengan nyeri dada akibat sumbatan pada arteri koroner jantung, dan juga pada pasien yang sedang mengalami kejadian nyeri dada akibat sumbatan pada arteri koroner jantung. 
Dampak Aspirin : 
Dampak yang umum terjadi adalah meningkatnya kemungkinan terjadinya perdarahan spontan dan rasa tidak enak pada lambung. Efek samping lain yang mungkin terjadi seperti sesak napas, serangan asma, perdarahan menstruasi yang lebih banyak, perdarahan saluran cerna, mual, muntah, ulkus peptik, gangguan fungsi hati, biduran, sindrom Steven-Johnsons, gangguan fungsi ginjal dan keracunan salisilat.

Sop Ikan Kemangi


Cuaca yang kini tak menentu ( kadang panas,kadang dingin ) membuat kita kebingungan dan setiap hari kita berta-tanya ,tanya pada diri sendiri,tanya pada temen,tanya pada kekasih dan selalu yang kita tanya adalah”hari ini kita makan apa ??”wkwkwkw pasti kalian juga gitukan hehehehe 

Apalagi kalo sedang sering hujan nah loh pasti yang anget-anget salah satunya makan makanan yang berkuah dan hangat pastinya,Setuju? Duh,pas banget ni lagi hujan,leper,bikin ngiler ,uupss awas tapi jangan baper wkwkwkwkw Oke,biar setidaknya kenyang sedikit nih aku suapin resep masakan Sop Ikan Kemangi : 

  • Bahan: 
  1. 500 gram daging kakap ,cuci dan potong dadu 
  2. 2 sdm air asam 
  3. 600 ml air 

  • Bumbu : 
  1. 3 sdm daun bawang iris 
  2. 1 batang serai,dimemarkan 
  3. 3 buah tomat,potong menjadi 4 bagian 
  4. 2 sdm air jeruk nipis 
  5. 5 sdm daun kemangi 
  6. 1sdm garam 
  7. 4 buah cabai merah ,buang isi dan potong serong 

  • Cara Membuat : 
  1. Lumuri ikan dengan air asam ,diamkan kurang lebih 15 menit hingga meresap. 
  2. Masak air dipanci,masukkan cabai,tomat,serai,daun bawang,dan garam.Masak hingga mendidih. 
  3. Masukkan ikan ke dalam air yang berbumbu ,didihkan kembali sambil diberi air jeruk nipis dan kemangi,lalu angkat. 
  4. Hidangkan hangat-hangat bersama nasi. 

Selamat mencoba

Jangan Takut Naik Kereta Api


Era sekarang ini banyak sekalialat transportasi yang bisa di gunakan untuk pergi ke daerah tujuan kita.Siapa sih yang tidak ingin pergi jalan-jalan atau sekerdar bertemu sanak saudara ,ya,,kan ? So pasti..pergi keluar kota merupakan suatau kesempatan juga untuk melihat indahnya daerah yang akan kita kunjungi.,apalagi ditemani orang terkasih eaaaa….. Oke,aku mau share sedikit pengalaman aku (sebut saja namaku Vinko) hehehehe,,, Libur kuliah yang cukup lama hingga hampir 2 bulan bikin mahasiswa bingung alias pengangguran tanpa penghasilan karena tidak dapat jatah bulanan ni dari ortu,betul ?Yess !! betulll…nah Vinko cari cara supaya dapet jatah bulnan di tambah lagi jalan-jalan.Akhirnya Vinko dapet ide ni mau jalan-jalan ke Tangerang ke tempat saudara dan Vinko mutusin (jangan baper denger kata mutusin ya :p ) untuk memilih alat transportasi Kereta Api.Sebenarnya bagi kawan-kawan yang mau ke Tangerang ngak cumin kereta api transportasi yang bisa digunakan bisa naik Bis atau yaa,,biasa Pesawat.Karena kebetulan Vinko berangkat dari kota Gudeg Yogyakarta ,so banyak pilihan.Sempet juga sih bingung naik apa ,ada beberapa pilihan naik bis dengan harga rata-rata 180.000 an (waktu tempuh belasan jam )bisa,naik pesawat 350.000 (saat ada promo) waktu tembuh 1 jaman dan kereta api 200.000 an dengan waktu tempuh 8 jaman sampai di Jakarta yang selanjutnya lanjut perjalnan ke Tangerang.So,setelah menimbang dan memutuskan Vinko pilih naik Kereta Api. Dari Jogja berangkat jam 17.00 sampai Jakarta keesokan harinya pukul 02.00.Oh ya sebagai pengetahuan ,untuk perjalnan ke Ibu Kota ini kereta ari luar kota biasa berhenti di Stasiun Pasar Senen atau Stasiun Gambir ,yang nantinya bila kawan mau lanjut perjalanan ke Tangerang bisa menggunakn kereta api local atau naik taksi dan bila memungkinkan minta jemput aja seperti Vinko secara Vinko sendiri saat pergi dan wanita pula ,so keep stay ya,,hati-hati hehehe Bagi kawan-kawan yang baru pertama kali naik kereta Jangan Takut !! karena banyak informasi yang akan kita dapet kalo bingung di stasiun karena banyak petugas di stasiun yang akan memberi pengarahan kita supaya tidak salah jalur dan kereta. Nah seperti ini persiapan naik kereta: 1.Ada yang baru di stasun kali ini ,yaitu bagi para penumpang yang telah membeli tiket dan mendapat kode boking sekarang di wajibkan untuk mencetak tiket sendiri yang sekarang lagi hits namanya boarding pass untuk kereta api.Sebenarnya tidak jauh beda dengan mencetak tiket sebelum istilah ini di gunkan yang bedain hanya kertasnya aja dan lebih cepat untuk mencetaknya. 2.Persiapkan boarding pass yang sudah di cetak,identitas diri (KTP,SIP ,Pasport)yang kemudian akan di periksa oleh petugas.Maka dari itu antara boarding pass dan kartu identitas harus sama seperti nama,tempat lahir,nomer kartu identitas.So,jangan lupa ya saat pesan tiken tunjukkan kartu identitas juga.Biasanya penumpang boleh memasuki dalam stasiun 1 jam sebelum keberangkatan. 3.Mendengarkan informasi kereta yang akan kita tumpangi berada di jalur berapa dan waktu berangkatnya apakah tepat atau tidak.Jangan sampai salah ya,,untuk jalur dan keretanya Karena kalo salah ngak akan sampai tujuan lho…maka dari itu bisa siapkan minuman ataucemilan sambil menunggu kereta datang biar ngak ngantuk dan salah informasi . 4.Setelah kereta datang,segera masuk gerbong kereta lihat pada tiket boarding pass di gerbong berapa dan nomer kursi berapa yang anda pesan.Kija mengalami kesulitan bisa Tanya pada petugas yang ada di gerbong kereta. 5.Tata barang di bagasi atas kursi anda yang sudah ada di kereta,tata sedemikian rupa supaya tidak jatuh dan membuat tempat duduk anda nyaman. 6.Duduk dan posisikan diri anda senyaman mungkin ,apalagi bila perjalanan jauh akan terasa pegal di badan biila tidak nyaman duduknya. 7.Bagi kawan-kawan yang tidak kuat dingin ,bisa juga bawa bekal kaos kaki dan selimut sedang yang kawa-kawan anggap nyaman dan tidak berat(pengalaman Vinko ni selalu bawa itu )Untuk kereta eksekutif biasanya disertai bantal dan selimut sudah di sediakan dikereta tapi tidak ada salahnya jika kawan-kawan bawa kan biar lebih nyaman hihihi So,jangan takut naik keretaya,,kereta Api kini pelayanannya semakin di tingkatkan dan pastinya semakin nyaman .Semoga kedepannya PT.Kereta Api bisa meningkatkan pelayanan yang lebih memuaskan.Selamat mencoba ^_^

Katanya Indonesia Merdeka..????

Indonesia Merdeka Itu katanya, tapi kalau menurut saya Indonesia belum merdeka sepenuhnya masih banyak yang dikuasai asing dinegara tercinta ini sebut saja Sumber Daya Alam kita, Maupun produk-produk yang ada dipasar indonesia.
Apalagi melihat Kabar ini saya sunggu ironi, prihatin, miris dan sangat iba sekali, Kisah ini saya kutip dari detik.com
Katanya Indonesia Merdeka Topik yang kita bahas kali ini, sesuai tag line blog ini Inspirasi Anak Indonesia, berita yang saya ambil dari detik.com ini sungguh sangat ironis sekali, jaman yang sudah modern seperti ini masih saja ada kejadian ini, namanya asiyah ini kisahnya:


Setahun lebih Siti Aisyah Pulungan (8) dan ayahnya Muhammad Nawawi Pulungan (56) yang sakit parah, tidur di becak pengangkut barang. Pilihan hidup itu mereka lakukan karena ketiadaan biaya untuk mengontrak rumah. Uang yang mereka miliki habis untuk membiayai pengobatan Nawawi.

Nawawi menderita sakit sejak tiga tahun lalu. Sebelumnya, dia bekerja sebagai sopir mobil boks. Lalu, penyakit paru menderanya. Semua yang dimiliki habis dijual untuk berobat ke rumah sakit.




Sampai akhirnya uang tabungan yang mereka miliki menipis. Tidak mampu membayar kontrakan rumah, Nawawi memutuskan untuk tinggal di becak yang biasa digunakan untuk mengangkut barang. Sedihnya, becak itu pun mereka cicil sejak setahun lalu.

Nawawi sudah pasrah, namun putrinya Aisyah justru terus bersemangat. Dia berharap ayahnya sembuh sehingga bisa bekerja lagi. Jika ayahnya bekerja, maka dia bisa sekolah lagi.

"Pengin sekolah lagi," ujar Aisyah di trotoar depan Masjid Raya Al Mashun, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (19/3/2014) sore.



Aisyah sempat duduk di kelas 1 Sekolah Dasar (SD). Namun, seiring dengan kondisi sakit ayahnya dia memutusan untuk menjaga ayahnya itu.
"Mulai dari bangun pagi sampai mau tidur lagi, hanya menjaga ayah,” kata Aisyah.

Sang ayah Nawawi menderita penyakit komplikasi paru yang berimbas pada kondisi fisiknya. Kurus layu dan tidak bisa menggerakkan sebagian besar tubuh. Aisyah menjadi tumpuan. Setiap hari Aisyah yang memberi makan, minum, dan memberi obat dan mengurus kebersihan tubuh ayahnya.

Sungguh Keterlaluan Pemerintah Indonesia... Kita tengok saja PASAL 34 UUD 1945 yang berbunyi “Fakir Miskin dan Anak Terlantar dipelihara oleh Negara” Kemanakah Pengimplementasian Pasal ini... Dek Asiyah sabar yak semoga ayahanda lekas sembuh saya dan pembaca berita ini mendoakan yang terbaik buat dek Aisyah dan sang ayah, Pasti Seorang Dermawan Akan Datang Dek... Jika saya bisa membantu saya akan membantu semaximal mungkin Sekali Lagi KATANYA INDONESIA MERDEKA..????

Wajah Indonesia Sekarang

Wajah Indonesia sekarang seperti wajah yang masih banyak jerawat yang belum bisa dibersihkan sepenuhnya, masih banyak kotoran-kotoran yang sangat kecil yang bersembunyi diantara lubang-lubang kecil wajah indonesia, banyak aktifitas atau cara yang sudah dilakukan demi membersihkan kotoran-kotoran dari wajah ini tapi semuanya nihil.
Wajah Indonesia sekarang ibarat tumbuhan layu sebelum berbunga, sudah memiliki berbagai macam sumber daya alam yang sangat melimpah tapi tidak ada yang bisa memanfaatkannya sehinggi negara-negara lain yang memanfaatkan sumber daya alam milik kita.
Saya membayangkan jika indonesia seperti china, walaupun banyak investor asing yang ada di negri tirai bambu atau china mereka masih dominan dalam penguasaan pasar dalam negeri, kenapa? Karena Mereka Pintar, Perusahaan Asing yang ada di china dimanfaatkan untuk menimba ilmu semua orang china, sehingga orang china pintar dalam berbisnis karena memperoleh ilmu dari investor asing, Jika ini bisa diterapkan di indonesia sungguh hebatnya Indonesia dengan sumber daya alam yang sangat melimpah, apalagi jika dibandingkan dengan singapura yang luas negaranya bisa dibilang seperti jakarta tapi mereka sangat maju kenapa karena mereka memakai otak, dengan tidak adanya sumber daya alam yang ada di singapura, singapura memanfaatkan kepintaran mereka untuk memajukan negaranya, Jika indonesia bisa seperti itu dengan Sumber daya alam yang melimpah dan dengan didukung dengan SDM yang mumpuni kita akan menjadi MACAN ASIA.
Wajah Indonesia Sekarang "Konstitusi bangsa yang disusun founding father and mother sebenarnya telah memiliki jiwa pemberantasan kemiskinan yang tinggi. Tengoklah pasal 34 UUD 1945 yang dengan tegas menyebutkan “Fakir Miskin dan Anak Terlantar dipelihara oleh Negara”. Ia dengan jelas mengatur soal kewajiban pemerintah untuk menyelesaikan kemiskinan. Kenyataannya, hingga kini kemiskinan masih tinggi. Frasa “dipelihara untuk diurus” kemudian seringkali diplesetkan maknanya menjadi “memelihara agar tetap ada”. Sarkasme? Ini fakta yang harus diterima, senang-tidak-senang, suka-tidak-suka". PERTANYANNYA..
APAKAH PASAL INI MASIH BERLAKU?????????????? 
KALAU SAYA SICH NOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO.
MENURUT KALIAN BAGAIMANA?