Kamis, 08 Oktober 2009

JOOMLA....?

Joomla! adalah Sistem manajemen konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL. Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahiliyang mengandung arti "kebersamaan".Dan prinsip dasar joomla yaitu:
Secara garis besar dan gamblang, Joomla! terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu server web (webserver), skrip PHPMySQL. Server web diasumsikan terhubung dengan Internet/Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan konten. Joomla menggunakan /wiki/Apache_HTTP_Server" title="Apache HTTP Server">Apache sebagai server web dan MySQL untuk basisdatanya. dan basisdat.
Pertamakali, pengguna meminta akses terhadap halaman Joomla dengan mengeksekusi URL pada browser webserver web. Permintaan ini yang dalam istilah teknis lebih dikenal dengan query string selain terdapat URL juga mengandung parameter konten (section, category, ID article dan lain-lain). Berdasarkan parameter tersebut, sistem skrip Joomla melakukan kontak dengan basisdata dan mengambil konten yang dimaksud berdasarkan parameternya. Terakhir, konten dan templat (template) digabung bersama dan kembali sebagai halaman html, gambar, css dan javascript. yang kemudian terhubung dengan,
Paket Joomla! terdiri dari beberapa bagian yang terpisah dan termodul yang sangat fleksibel, dapat dengan mudah dikembangkan dan diintegrasikan. Sebagai contoh "plugins" WikiBot yang memperbolehkan penulis di Joomla menggunakan "Wikitags" pada bagian artikel yang fungsinya secara otomatis membuat pranala dinamis ke artikel Wikipedia pada saat ditampilkan. Ada lebih tersedia 1,700 "plugins" yang secara resmi didelegasikan oleh OpenSourceMatters tersedia di http://extensions.joomla.org/ dan saat ini secara resmi dipindahkan ke http://joomlacode.orgdengan dukungan server yang lebih lengkap.
Dan apa yang dimaksud ( CMS )
Apa itu sistem manajemen konten (CMS)?
Sebuah sistem manajemen konten adalah software yang melacak setiap bagian konten di situs Web Anda, mirip seperti perpustakaan umum setempat Anda melacak buku-buku dan toko mereka. Konten dapat teks sederhana, foto, musik, video, dokumen, atau apa saja yang dapat Anda pikirkan. Keuntungan utama menggunakan CMS adalah bahwa hal itu hampir tidak memerlukan keahlian atau pengetahuan teknis untuk mengelola. Karena CMS mengatur semua konten Anda.

1 komentar: