Friday, 14 October 2011

3 Freeware Photo Editing, Alternatif Pengganti Photoshop

1. GIMP, Aplikasi Editing berlisensi GNU
 Sejak tahun 2005 lalu GIMP diperkenalkan sebagai aplikasi untuk mengedit gambar. Kini aplikasi ini sudah tersedia untuk platform seperti Windows, MAC, dan beberapa versi Linux. Singkat kata, keringanan software GIMP menawarkan kita untuk melakukan perubahan pada dunia foto digital, memanipulasi grafik maupun membuat grafik sendiri dari awal. Menggunakan tools yang umum seperti painbrush, pensil dan cloning, yang mana aplikasi tersebut dapat secara aktual dibandingkan dengan saingannya seperti Adobe Photoshop dan Paintshop Pro. Dalam versi full windows pada umumnya, diperoleh beberapa fitur yang berbeda dengan fungsi GIMP yang terpisah beserta tool-toolnya. GIMP menawarkan cara yang mudah untuk bekerja dengan grafik dan tetap fokus pada desktop Anda. Untuk lebih jelasnya, bisa mendownload GIMP 2.6 for Windows di sini (sedangkan untuk versi dan platforms lainnya, klik di sini)

2. Photoshop Express, Aplikasi Editing Gratis Berbasis Web
Adobe mengerti betul dengan baik dan memperbolehkan Anda mengetes sistem ini tanpa butuh mendaftar lagi atau log-in. Anda penasaran? Silahkan mencoba Photoshop Express di sini. Salah satu kelemahan aplikasi ini adalah Anda tidak bisa menggunakan layer-layer untuk mengedit gambar anda sedikitpun secara lebih professional. Tetapi tidak apa-apa, karena meskipun demikian, yang penting aplikasi tersebut menawarkan 2Gbyte hosting gratisan buat Anda untuk mengedit gambar. File Storage yang cukup besar bukan?

3. Aviary, Aplikasi Editing Vektor yang Luar Biasa
Bagi Anda pecinta gambar vektor, mungkin inilah solusi yang ciamik untuk membuat grafik.
Vektor pada dasarnya berarti kreasi anda tidak berdasarkan pixel, melainkan pada persamaan variabel. Karena itu dapat membuat sesuatu yang kecil dan ukuran selanjutnya ke bawah dan ke atas tanpa menghilangkan detail apapun. Jika ingin melakukan hal ini secara teratur pada gambar JPG, ini akan memperoleh semua tampilan yang kabur dan tidak jelas, khususnya ketika gambar tersebut menjadi teks yang kecil. Jadi disini, tool ini hamper sama seperti Adobe illustrator. Menurut penemunya, Raven hanya tools pembuat vektor online yang gratisan di internet. Wuah, mungkin ini saatnya Anda mengkreasikan vektor Anda dan langsung bisa share secara online dengan rekan Anda. Tertarik. Silahkan mencoba fitur Aviary Raven di sini. Jadi, tunggu apalagi, silahkan coba saja jika Anda benar-benar tertarik untuk mengkreasikan grafik Anda. Siapa tahu, sewaktu-waktu Anda akan membutuhkan tools ini dalam satu waktu yang mendesak, ya kan?

0 komentar:

Post a Comment