Tuesday, 24 April 2012

Intel Ivy Bridge Siap Diluncurkan, Prosesor Dengan Proses Fabrikasi 22nm

Prosesor tercepat buatan Intel, Ivy Bridge generasi terbaru, dikabarkan telah siap diluncurkan. Prosesor ini dibuat dengan mengusung proses fabrikasi 22nm. Prosesor ini teknologi transistor baru dengan switch on/off di pusat chip yang membuat powernya lebih efisien.
Intel mengumumkan bahwa tahap pertama peluncuran keluarga prosesor Ivy Bridge akan menjadi otak komputer desktop dan akan dikapalkan pada 19 April 2012. Kemudian Ivy Bridge untuk laptop serta ultrabook akan didistribusikan setelah itu. Intel berharap Ivy Bridge dapat mendayai generasi baru komputer berbasis Windows 8 sekaligus menstimulasi penjualan PC yang belakangan menurun.
Chip ini dikabarkan akan memiliki peningkatan performa sebesar 20% dan diklaim lebih baik dari Sandy Bridge. Selain itu untuk mengantisipasi ancaman dari ARM yang arsitektur chipnya dominan dipakai di perangkat mobile. ARM semakin mengancam karena mesin Windows 8 dipastikan juga akan support chip ARM.  Ivy Bridge diharapkan akan dapat menyaingi keefisienan daya chip ARM. Untuk memproduksi Ivy Bridge, Intel sendiri telah menyiapkan empat buah pabrik.

0 komentar:

Post a Comment