Saturday, 28 July 2012

Bahaya, Komputer Menyala Saat Tidur Bisa Bikin Gangguan Mental

Hati-hati bagi Anda yang suka tidur dengan monitor komputer atau televisi dalam keadaan menyala. Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Ohio State University (OSU), kebiasaan tersebut dapat meningkatkan prosentase terjadinya depresi.
Dan, kalau Anda tidur dalam keadaan tersebut selama lebih dari satu bulan, terdapat kemungkinan terjadinya gangguan mental. Pengaruh ini pun bukan hanya karena layar TV atau komputer yang menyala. Sumber cahaya lain seperti lampu dan lain-lain pun memiliki pengaruh serupa.
“Para peneliti telah menemukan hubungan kuat pada manusia antara peradangan kronis dengan depresi. Karena itu, hal ini sangat penting jika kami menemukan hubungan antara nyala cahaya pada malam hari dengan peningkatan ekspresi (sebuah protein bernama) TNF,” ujar peneliti dari OSU, Randy J Nelson seperti dikutip dari SOftpedia.
Hal ini semakin menambah buruk efek dari TV atau komputer yang menyala saat tidur. Sebelumnya, terdapat pula penelitian serupa yang mengatakan bahwa kebiasaan tersebut dapat mengganggu kualitas tidur seseorang.
Jadi, ada baiknya Anda mematikan lampu atau perangkat elektronik lain pada saat tidur. Selain menghindarkan efek negatif seperti di atas, langkah tersebut juga merupakan salah satu bentuk hemat energi.

0 komentar:

Post a Comment