Wednesday, 22 August 2012

E-book Lampaui Penjualan Buku Cetak

SEBANYAK 114 e-book terjual setiap 100 buku versi cetak dibeli pelanggan di toko daring Amazon Inggris.

Dengan begitu, saat ini ada empat buku digital lebih banyak secara rata-rata yang dibawa oleh para pengguna komputer tablet Kindle.

Peningkatan tersebut, seperti dilansir BBC, disebabkan oleh beberapa judul yang laris diburu pembaca seperti novel erotis Fifty Shades of Grey.

Buku tersebut telah terjual 31 juta kopi dimana dua juta ebook terjual hanya dalam waktu empat bulan. Amazon sebenarnya juga tertolong berkat popularitas penerbitan miliknya sendiri.

Pihak perusahaan mengatakan semenjak pertengahan tahun 2011, jumlah penulis yang menggunakan jasa Kindle Direct Publishing meningkat hingga 400% semenjak pertengahan tahun lalu. Beberapa diantaranya merupakan penulis best seller seperti Kerry Wilkinson dan blogger Ian Clark.

"Amazon merupakan satu-satunya vendor resmi untuk e-book khusus Kindle dan untuk perangkat membaca, ia memiliki kompetitor yang sedikit," ujar Clark.

Sementara dari sisi tren, editor Foyles Jonathan Ruppin mengatakan, para pemain di bidang percetakan harus mulai beradaptasi dengan kehadiran buku elektronik.

"Proporsi penjualan e-book akan terus meningkat dan juga menyalip penjualan buku cetak di seluruh pasar," tutur Ruppin.(MI/BBC/DSY)

0 komentar:

Post a Comment