Tuesday, 14 January 2014

Pantai Terindah Di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Pantai Terindah di Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi favorite saya, karena Jogja merupakan Paket Lengkap dan semua ada disini. kalau Jogja banyak dikenal akan wisata Budaya, ternyata Jogja punya segudang Pantai pantai indah di daerah Gunung Kidul. tidak hanya satu tapi ada banyak Pantai yang terdapat dikawasan ini, dan setiap pantai punya ciri ciri yang unik diantara satu dengan pantai lainnya.

Berikut adalah 9 Pantai Terindah dikawasan Gunung Kidul Jogja :

1.      Pantai Ngrenehan

keindahan pantai Ngrenehan Gunung Kidul. Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Saptosari - Gunung Kidul, sekitar 30 km tenggara kota Wonosari. Pantai ini dijaga oleh bukit kapur dan panorama menakjubkan menerjang ke pantai pasir putih. Pengunjung dapat melihat kegiatan sehari-hari para nelayan dan membeli ikan segar, goreng dan siap untuk makan. Sekitar 1 km sebelah barat dari pantai ini adalah Ngobaran dan Nguyahan Pantai. yang unik dipantai ini diatas bukit pantai ada tempat sembahyang umat hindu dan Setiap bulan saat bulan penuh, umat Hindu melakukan upacara Melasti di pantai Ngobaran.


2.      Pantai Baron

banyak aktivitas nelayan yang bisa kita lihat di Pantai Baron.  Terletak 60 km sebelah tenggara dari Jogjakarta, berjajar dengan pohon kelapa hijau subur, Baron memiliki laguna yang dilindungi, aman untuk berenang, dengan menonjol bukit-bukit berbatu di setiap sisi. Baron Gua sebenarnya merupakan muara dari sungai bawah tanah yang muncul persis di tepi pantai dan menarik untuk melihat dari tebing di atas. Pantai Baron adalah pantai pertama yang ditemukan di persimpangan Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal dan Sundak. view pantai Baron Gunung Kidul. disini kita bisa banyak melihat Nelayan menjual hasil tangkapan ikan segar dari laut, dan disini terdapat restoran di tepi pantai dan siap untuk memasak ikan untuk wisatawan yang datang. disini kita juga bisa melihat deretan kapal nelayan yang berjajar rapi dan uniknya kapal ini berwarna biru. Sekitar 10 km sebelah barat dari Pantai Baron Parang Racuk, di pegunungan Gunung Kidul ada juga terlihat Bukit yang memiliki view pemandangan Baron dan daerah sekitarnya. Setiap bulan Suro (bulan pertama kalender Jawa), masyarakat nelayan mengatur sebuah labuhan, upacara persembahan laut untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan atas panen ikan yang melimpah dan untuk keselamatan dan kesejahteraan nelayan.

3.      Pantai Krakal

keindahan Pantai Krakal yang diapit 2 bukit. Pantai Krakal terletak sekitar 63 km sebelah tenggara dari Jogja, melewati Wonosari dan selama perjalanan berliku baik beraspal dan jalan pegunungan. Sekitar 7 km ke timur dari jalan utama di mana itu bercabang ke pantai Baron, kita bisa melihat bukit kapur dengan batu bertingkat tingkat, disini kita bisa menyaksikan pemandangan yang mempesona. Ada teluk yang bisa digunakan untuk berenang di pantai Krakal dan beberapa teluk ini Terletak 1 km sebelah timur dari Baron, Kukup juga memiliki pantai pasir putih yang indah serta banyak jenis ikan yang tidak terlihat di daerah lain. Pengunjung dapat membeli atau mencoba untuk menangkap ikan di pantai, atau hanya menikmati kehidupan laut yang indah dan yang tidak kalah menariknya Ketika air lautnya surut, pengunjung bisa menikmati dan melihat taman laut yang indah dengan warna-warni karang dan kehidupan laut ditepi pantai.

4. Pantai Drini

aktivitas nelayan kadang dapat kita jumpai di Pantai Drini Pantai Drini terletak di Desa Ngestirejo, Tanjungsari Kecamatan juga, sekitar 1 km sebelah timur dari Pantai Sepanjang. Ciri yang unik dan khusus dari pantai ini adalah pulau karang ditepian laut dan dimana mana pohon-pohon yang tumbuh dibukit karang ini, yang menarik tentang pohon-pohon yang tumbuh di bukit karang ini adalah bahwa kayu ini dihindari ular berbisa menghindari kayu mereka. dipantai ini dengan Mudah berjalan kaki ke pantai satu ke pantai lainnya. Dengan pantai berpasir putih dan pemandangan indah Sepanjang pantai sangat ideal untuk menikmati hangatnya sinar matahari. pantai Ini juga merupakan lokasi yang ideal untuk dijadikan kawasan konservasi karena pada waktu tertentu dalam setahun banyak penyu yang banyak singgah di sana dan bertelur di sana.

4.      Pantai Sundak

keindahan dan view pantai Sundak. Pantai Sundak terletak di Desa Sidoharjo, kecamatan Tepus. letaknya sekitar 1 km sebelah timur dari Krakal. hamparan hijau pemandangan alam dikombinasikan dengan udara yang segar, pasir putih pantai sundak ini sangat ideal untuk bersantai. Pantai Sundak juga dikenal untuk camping groundnya dan wisatawan bisa menginap disini, kawasan pantai sundak ini sangat populer dikalangan anak muda, sehingga diharapkan semakin tahun menjadi ramai dan selalu dikunjungi selama musim liburan sekolah. Pantai Sundak sangat Baik untuk berjalan ditepian pantai. Sekitar 500 m sebelah barat dari Sundak adalah Ngandong Beach, disini ada sebuah resor terbuka untuk kelompok tur off-road yang ingin menikmati pemandangan laut Samudera Hindia. untuk yang ingin berwisata di Pantai Sundak banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti memancing di laut, berlayar dengan perahu tradisional, akomodasi, makanan, dan pijat.


5.      Pantai Timang

best view untuk menikmati keindahan pantai Timang dari atas bukit, dan disini ada flyng fox tradisional lho.berani mencoba? akses menuju Pantai Timang ini terbilang sulit diantara pantai pantai lainnya di Gunung Kidul, karena untuk mencapai Pantai Timang ini harus melalui jalan masuk kedalam selama 40 menitan dan disarankan untuk mobil yang besar. yang unik dari Pantai Timang diantara semua Pantai di Gunung Kidul karena terdapatnya Pulau Timang yang terlihat dari atas bukit Pantai Timang. Pulau Timang ini ternyata menyimpan dan merupakan sarang dari Lobster, Nelayan dan penduduk lokal disini punya cara unik untuk mengambil lobster lobster di Pulau Timang ini. dengan membuat kereta gantung yang menghubungkan bukit di Pantai Timang menuju Pulau Timang, dan penghubung tali (firefox Tradisional) ini sangat unik, karena dibuat secara manual. bagi yang ingin meyebrang ke Pulau Timang dipersilahkan untuk turis kesana dengan biaya Rp 100.000  Masyarakat lokal yg menggunakan flyng Fox Tradisional ke Pulau Timang untuk mencari lobster. Bagi pencinta tantangan sangat disarankan untuk naik Firefox Tradisional ini, dan ingat jangan membawa kamera ataupun HP selama menyebrang. karena tiba tiba anda bisa diterjang ombak ketika perjalanan menyebrang dilakukan. bagaimana berani mencoba.

0 komentar:

Post a Comment