Saturday, 12 November 2011

Amazing... Blu-Ray mencapai 100 GB

Dalam dunia teknologi, hampir bisa dipastikan ada saja kemajuan yang telah dicapai dalam jangka waktu tertentu, misalnya dalam hitungan tahun, bahkan bulan. Salah satunya adalah kemajuan dalam bidang storage/penyimpanan, lebih spesifik lagi dalam bentuk disc.Ada baiknya kita menengok sejarah tentang blu-ray disc, yang bisa anda baca di sini. Nah jika anda sudah membaca postingan tersebut, kini akan saya lanjutkan ke bagian utama artikel ini.
 Adalah Sharp, salah produsen elektronik terkemuka di Jepang, bahkan produk-produknya sudah sangat dikenal di seluruh dunia. Baru-baru ini, Sharp merilis disc Blu-Ray yang berkapasitas 100 GB dengan 3 layer. Kapasitas tersebut sama dengan 2 kali kapasitas penyimpanan format Blu-Ray yang sudah ada sekarang ini. Jenis Blue-Ray disc ini diberi nama VR-100BR1 yang berformat BDXL.Sharp mengklaim, produknya ini mampu menyimpan rekaman siaran TV digital selama 12 jam atau sama dengan 9 jam untuk siaran satelit digital. Sayangnya, hingga berita ini saya dapat, tidak ada keterangan harga untuk produk baru ini. Namun, ada yang memperkirakan, harganya berkisar USD $55 - $60. Mahal juga ya ?
VR-100BR1 sudah tersedia di Jepang sejak tanggal 30 Juli 2010 yang lalu. Belum ada keterangan kapan produk tersebut akan disebarluaskan ke negara-negara lainnya. Keunggulan lainnya : format yang digunakan oleh Blu-Ray jenis baru ini adalah BDXL, yaitu suatu format yang sudah diperkenalkan oleh Asosiasi Blu-Ray Disc pada bulan April 2010 yang lalu. Format BDXL diklaim akan sanggup menulis (write) dengan kapasitas 12 GB dalam sekali jalan dan menulis ulang (re-write) berikutnya hingga 100 GB.

0 komentar:

Post a Comment